Nasi Uduk Betawi dengan Variasi Bumbu Rempah

Sudahkah anda mengkonsumsi Sepiring Nasi uduk hari ini? Ya, Dewasa ini menikmati Nasi uduk betawi pada umumnya identik menggunakan piring, sehingga muncul istilah, Sepiring Nasi Uduk.
Namun Tahukah anda, dahulu Nasi Uduk biasa disajikan dalam bungkus daun pisang yang berbentuk kerucut. Dengan sedikit terbuka di bagian atasnya. Untuk mempercantik, di taburi dengan bawang goreng. Seiring dengan perkembangan kuliner yang lebih inovatif, Nasi Uduk tidak selalu dibungkus daun pisang, tapi hanya diletakkan di atas piring. Anda bisa memilih lauk sesuai keinginan. Ada ayam goreng, ati, ampela, sate usus, tempe dan tahu goreng, empal dilengkapi dengan semur serta sambal yang juga bisa dipilih yakni sambal kemiri atau sambal kecap manis.

nasi uduk rempahNasi yang sangat populer di Ibukota ini merupakan kuliner khas yang paling orisinil, meski ada yang menyebut nasi uduk terinspirasi kuliner khas India yang juga menyajikan menu ‘nasi gurih’ serupa dengan nasi uduk Betawi, namun nasi gurih India diolah dari beras basmati, sementara unutk nasi gurih Betawi ini bisa dengan menggunakan beragam beras tanah air pilihan.

Meski bahan utamanya adalah beras yang sangat mudah dididapatkan di pasar-pasar terdekat ataupun di toko sembako dekat rumah anda, namun cara pengolahannya cukup rumit. Butuh ketelatenan yang lebih, agar menghasilkan rasa dan aroma yang maksimal. Pertama-tama Beras yang telah dibersihkan dikukus bersama dengan santan secukupnya. Kemudian Beberapa rempah pilihan seperti daun salam, pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica di tambahkan kedalam kukusan beras tersebut. Nah, rempah inilah yang akan memberikan variasi rasa yang lezat sebagai alternatif menikmati Nasi uduk betawi dengan rasa asli.
Tertarik untuk mencoba?

Related Posts

About The Author

Add Comment