Resep Nasi Uduk Betawi

Nasi uduk Betawi merupakan salah satu kuliner khas Jakarta yang paling digemari. Rasa gurih yang berasal dari santan sangat familiar dengan lidah orang Indonesia. Hal ini menjadikan nasi uduk sebagai makanan favorit keluarga Indonesia. Walaupun sangat populer, ternyata tidak semua orang bisa membuat nasi uduk .

 

Disini kita akan belajar mengenai bagaimana membuat nasi uduk betawi spesial yang memiliki rasa dan aroma yang sangat lezat dan tentunya mudah untuk dibuat.

 

Resep Nasi Uduk Betawi Spesial
Membuat Nasi uduk tidaklah sesulit yang dibayangkan. Prosesnya sama dengan membuat nasi pada umumnya, hanya saja pada saat memasaknya ditambahkan bumbu-bumbu untuk memperkaya rasanya.

Ini dia resep nasi uduk betawi spesial nya :

 

Bahan yang diperlukan :
1/2 kg beras, cuci bersih kemudian tiriskan
850 ml santan cair
2 lembar daun salam
1 batang sereh, ambil bagian putihnya saja kemudian geprek
garam secukupnya

 

Cara membuat:
1. Kukus beras yang sudah dibersihkan sampai setengah matang.
2. Sementara itu panaskan santan cair hingga mendidih bersama garam, daun salam dan sereh. Aduk-aduk, pastikan santan tidak pecah kemudian angkat.
3. Masukkan beras yang telah dikukus setengah matang kedalam santan saat masih panas. Aduk terus hingga santan dan beras tercampur (sampai santannya habis) kemudian angkat.
4. Buang sereh dan daun salam.
5. Kukus kembali beras yang sudah tercampur dengan santan hingga matang.
6. Sajikan saat masih hangat dengan taburan bawang goreng dan emping goreng. Nasi uduk kurang nikmat jika tidak disantap bersama sambal,tambahkan pula semur tahu atau sayur kari tahu.

 

Lebih enak lagi kalau di tambah dendeng atau empal daging..lebih Maknyuss !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Search