Bumbu Nasi Uduk Betawi, Ini Dia 7 Rempah Rahasia yang Digunakan!

Nasiudukbetawi.com – Indonesia memang menjadi salah satu negara yang memilki makanan khas di setiap daerahnya, serta tentunya juga banyak sekali makanan Indonesia yang terkenal sebab cita rasanya yang begitu khas dengan rasa rempah-rempahannya.

Tak di ragukan lagi, memang banyak sekali makanan dari Indonesia yang menggunakan rempah-rempah sebagai bumbu dasar dalam proses pembuatannya. Salah satunya adalah nasi uduk betawi asli yang kaya akan bumbu dan rempah.

Penasaran dengan bumbu nasi uduk betawi apa yang sering digunakan? Siapa yang tak kenal dengan makanan khas warga betawi yang satu ini. Makanan ini selain dikenal dengan rasa gurihnya, juga dikenal juga dengan makanan yang penuh dengan cita rasa khas rempah Indonesia.

Ya, nasi uduk betawi asli memang menggunakan 7 bahan dari rempah sebagai bumbunya. Nah, apa saja rempah-remapah yang digunakan sebagai bumbu dari nasi uduk ini. Yuk simak ulasannya berkut ini!

Rahasia Rempah Bumbu Nasi Uduk Betawi dan Manfaatnya

Nasi uduk betawi asli, tentunya memilki keistimewaan tersendiri. Salah satunya adalah nasi uduk ini menggunakan bahan dari rempah-rempah sebagai bumbu dasar nasi uduk dengan cita rasa khas Indonesia. Nah, rempah-rempah apa saja yang digunakan dalam membuat nasi uduk betawi? Langsung saja simak beberapa rempah bumbu nasi uduk betawi berikut ini.

Pala

Siapa sangka, selain dapat membuat nasi uduk semakin enak, ternyata rempah satu ini juga memiliki manfaat yang baik untuk tumbuh Anda. Pala yang kaya akan kandungan molekul antioksidan ini, ternyata mampu digunakan sebagai antioksidan tubuh. sebagai antioksida, ternyata biji pala ampuh untuk melawan radikal bebas, yang dapat memicu kerusakan sel dalam tubuh Anda.

Jahe

Aromanya yang khas serta mampu memberikan kehangatan untuk tubuh, ternyata jahe juga sangat efektif untuk meredakan rasa mual. Selain dapat mengatasi rasa mual, tentunya jahe juga mampu untuk meredakan rasa sakit dan sangat efektif sebagai antiradang. Mungkin karena jahe inilah yang menjadikan nasi uduk betawi asli tak memberikan efek eneg atau rasa mual pada perut Anda, jadi makan nasi uduk betawi dalam poris besar pun tak menjadi masalah.

Serai

Serai menjadi salah satu rempah yang hampir selalu ada di setiap masakan Indonesia, tak terkecuali pada nasi uduk betawi asli. Ya, serai menjadi salah satu bahan yang wajib ada. Selain melezatkan makanan dan membuatnya semakin terasa sedap, ternyata serai diklaim mampu untuk menenangkan pikiran.

Kayu Manis

Kayu manis mungkin lebih sering digunakan dalam pembuatan minuman tradisional, tapi ternyata kayu manis pun menjadi salah satu rempah yang digunakan dalam membuat bumbu nasi uduk betawi. Nah, ternyata ada manfaat dari kayu manis yang tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh Anda. Kandungan cinnamaldehyde pada kayu manis, memilki banyak manfaat salah satunya sebagai pengendali gula darah.

Cengkeh

Aromanya yang kuat dan rasanya yang sedikit pedas, menjadikan cengkeh sebagai salah satu rempah yang sering dimanfaatkan sebagai penyedap makanan. Nasi uduk betawi asli pun ternyata menggunakan cengkeh sebagai salah satu bumbunya. Selain memberikan rasa yang khas yang kuat, cengkeh juga memiliki beragam manfaat. Salah satunya adalah cengkeh mampu menghentikan pertumbuhan mikroorganisme.

Lengkuas

Selain serai, lengkuas juga menjadi salah satu rempah yang sering sekali digunakan sebagai bumbu di setiap makanan, termasuk nasi uduk betawi. Selain sebagai bumbu penyedap makanan, lengkuas juga memiliki beragam manfaat, salah satunya adalah dapat menurunkan kadar kolestrol di tubuh, dan lengkuas juga diklaim mampu menyembuhkan penyakit asma.

Bunga pala

Bunga pala ternyata menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk membuat nasi uduk semakin sedap untuk disantap. Bunga pala sendiri juga memilki beragam manfaat bagi tumbuh, salah satunya adalah dapat meningkatkan peredaran darah, dan untuk mengatur suhu badan.

Itu dia beberapa rempah rahasia bumbu nasi uduk betawi asli yang enak dan lezat. Tertarik untuk mencoba sendiri dirumah? Semoga bermanfaat ya! Terimakasih.