Ini Dia Ciri-Ciri Nasi Uduk Betawi Asli, Anda Harus tahu!

nasiudukbetawi.com – Nasi uduk Betawi merupakan salah satu makanan khas Indonesia. sebagai pecinta kuliner Indonesia, pasti Anda sudah tak asing lagi dengan nama makanan tersebut. Jika dilihat dari namanya saja, jelas nasi uduk yang satu ini berasal dari tanah Betawi. Anda pun jelas dapat menemukan, makanan ini dengan mudah di Jakarta.

Setiap daerah, tentunya memiliki cara yang berbeda-beda dalam menyajikan kuliner atau makanan khasnya. Tak terkecuali dengan nasi uduk Betawi. Makanan satu ini, tentunya memilki ciri khas tersendiri yang dapat membedakan dari makanan nasi uduk lainnya. Nah, apa saja sih, ciri-ciri dari nasi uduk Betawi asli? Yuk, langsung saja simak ulasanya berikut ini.

Ciri-ciri Nasi Uduk Betawi Asli

Ada beberapa ciri khas yang membedakan nasi uduk Betawi asli dengan nasi uduk lainya. Bagi para pecinta kuliner, jelas selain hanya menikmati rasanya yang enak, tentunya Anda juga wajib tahu apa saja yang menjadi ciri khas nasi uduk Betawi yang Asli, langsung saja yuk simak ulasanya berikut ini.

Nasinya Tidak Lengket

Seperti yang Anda ketahui, bahwa nasi uduk yang berasal dari daerah Betawi ini, memiliki tekstur yang tidak lengket. Hal ini karena proses masaknya yang diaron terlebih dahulu dengan berbagai macam bumbu rempah. Setelah diaron, nasi uduk Betawi juga dikukus. Dengan demikian akan menjadikan nasi uduk lebih pulen dan tentunya empuk.

Rasa Khas Rempah

Berbeda dengan nasi uduk pada umumnya, nasi uduk Betawi biasanya dalam proses masaknya menggunakan tujuh bahan rempah, yang dijadikan sebagai bumbu penyedap nasi uduk Betawi. Ketujuh bahan rempah tersebut adalah jahe, lengkuas, serai, biji dan bunga pala, kayu manis, dan cengkeh.

Dengan ketujuh rempah tersebut, tak heran jika nasi uduk dari daerah Betawi memang memiliki rasa yang lebih khas dengan cita rasa rempah-rempah Indonesia. Selain rasanya yang khas, aroma nasi uduk Betawi asli, juga dijamin lebih sedap dan dapat menggugah selera makan Anda.

Menggunakan Sambel Kacang atau Bumbu Kacang

Pada awalnya nasi uduk Betawi, hanya dijual di derah Tanah Abang, Kebon Kacang, Jakarta. Nah, pada awalnya juga nasi uduk Betawi yang asli, disajikan dengan sambal kacang. Sambal kacang yang gurih, tentunya sangat cocok jika dipadukan dengan nasi uduk. Sampai saat ini pun, penggunaan sambal kacang di nasi uduk Betawi masih sering dijumpai.

Bahkan, banyak juga para pedagang nasi uduk betawi yang memberikan embel-embel nama ‘Kebon Kacang’ pada nasi duduk yang dijualnya. Sebab ciri khas nasi uduk kebon kacang, memang identik dengan sambal kacang, dan identik juga dengan daun pisang yang dijadikan bungkus nasi uduk.

Rasanya yang Gurih

Selain rasa rempah yang menggoda, nasi uduk Betawi juga memilki rasa yang begitu gurih. Hal ini dikarenakan penggunaan santan kental saat proses memasak nasi uduk Betawi. Dengan menggunakan santan kental inilah, nasi uduk Betawi yang asli begitu terasa gurihnya dan tentunya lebih pulen. Belum lagi penambahan sambal kacang, dijamin nasi uduk Betawi akan terasa tambah gurih, serta tentunya makin menggoda selera.

Itulah keempat ciri khas dari nasi uduk betawi asli. Keempat ciri khas tersebut tentunya menjadikan nasi uduk betawi terasa lebih istimewa dari nasi uduk pada umumnya. Jadi, dari pada makin penasaran dengan rasa nasi uduk Betawi, lebih baik langsung saja Anda cicipi nasi uduk Betawi yang asli. Dijamin deh Anda akan ketagihan!